Home » , , » Cara seting audio yang bagus di fl studio

Cara seting audio yang bagus di fl studio

Pernahkah ente mengalami kendala suara di fl studio menjadi berat ? atau bunyi grek...grek..Kalau pernah sama halnya dengan ane. Istilahnya adala Fl crash, bug.. Biasanya kalo banyak vst plugin yang aktif baik vst instrument atau vst effect mixer dan juga banyak menggunakan loop. Kendala ini seperti overload, Ram kurang.


Salah satu solusinya adalah dengan mengatur setingan audio. Yang mungkin ente biasanya menggunakan setingan sound biasa, yaitu memakai primary sound driver. Kali ane kasih tahu Cara seting audio yang bagus di fl studio. 

Yang mana setingan ini sudah ane test dan hasilnya bagus untuk keluaran suara ketika membuat lagu atau ngeremix menggunakan fl studio. di bawah ini cara setingnya:


audio setting di fl studio agar bagus


Klik menu option di fl studio (F10)---pilih audio seting---di kolom input/output device pilih Assio4all--lihat disini detailnya cara seting audio dengan assio4all.. Beres. Kalo masih berat atau ngehang berarti ram laptop atau pc ente kurang gede.

Pengalaman ane minimal 2gb Ram. recommended ram 4GB ke atas. Processor Intel core i5 - i7

Kelebihan menggunakan assio4all driver ini adalah buffer (512 ) lebih rendah dari pada primary sound driver atau wdm. Sangat bagus untuk mengurangi masalah suara berat di fl studio.

Resample audio  yang di hasilkan adalah 44.1 khz. Tapi sebaiknya tutup dulu semua aplikasi yang memakai sound driver, seperti windoss media player, winamp dan lainnya. Karena jika tidak di tutup pada panel asio4all akan ada tanda x--silang. artinya sound bermasalah.

Selain itu juga pada menu panel asio4all driver terdapat pengaturan multiple soundcard, jadi ente bisa atur usb sound atau soundcard mana yang akan di gunakan sebagai output. Lihat pada gambar.

Apalagi jika ente mengunakan keyboard external dan ingin me- record / rekam ke fl studio. Untuk menghindari delay lebih baik gunakan asio4al driver. tidak usah bingung karena asio4all sudah ada di fl 8 -9 berbarengan ketika install. Jika memang tidak ada monggo download di sini aja.

Yup...begitulah sob catatan ane tentang Cara seting audio yan bagus di fl studio, dan selama ini ane ngeremix lagu yang bisa ente dengerin di halaman djhendry remix juga pake setingan itu. Soundcard gw creative sound blaster sering berat tanpa asio4all..Ok..? semoga bermanfaat..Jangan lupa comment kalo masih bingung..

Notes : 

Untuk Fl studio versi 12 keatas cukup setting aja Audio nya ke Fl studio Assio, lalu klik show panel dan atur buffer size nya.

Hendryal
DJ tips dan Tutorial Fl studio Updated at: 01.32

9 comments:

  1. tengkyuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu brothr

    BalasHapus
  2. Saya meempunyai masalah yg disebutkan di atas
    Dan saya sudah meng up grrade ram saya yg dari satu giga menjadi 4 giga
    Dan hasilnya diluar perkiraan saya. Suara gangguan tersebut masih ad
    Tinggal satu yg belom saya coba untuk mengganti sound card
    Apa benar sound card mempengaruhi suara masalah tersebut ??
    Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake laptop apa Pc gan..? Terkadang masalah bukan hanya dari soundcard tapi procesor juga ngaruh.. Dari windowsnya juga bisa. Dulu Ane pake dualcore ram 4gb lumayan jarang sekali berat ( set ke assio ). Soundcard pci murahan. Hasilnya kurang tebal soundnya..

      Terus upgrade pc ganti core i7, ram 16gb, soundcard audiofire2 ( sample rate 44 - 96khz ). Hasilnya hampir tak pernah bunyi grek..grek dan berat, kecuali crash dari plugin external. Untuk lagu juga kualitas jadi bagus.

      Coba aja gan ganti soundcard yang khusus musik producer, harga kisaran 1 - 5jt yang standar.

      Hapus
  3. Cara ngebuat sound jadi Bagus kayak gimana bang... Kayk mastering gitu lah tapi tanpa menggunakan applikasi gimana???

    BalasHapus
  4. bg waktu ane mixing ,, na di suatu chanel track d mixer ane taro plugin neutron 2 it suaranya brebet kayak ngelag , na pas di off in pluginnya normal lg , it yg b masalah d apnya iy bng ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ram atau prosecornya itu mungkin kurang gede..

      Hapus

Thank for your comment, bro ! Di larang mencamtumkan link hidup. Bantu share articlenya ke teman lainnya.